Blogger Widgets

Cari Blog Ini

Selasa, 01 Mei 2012

Let's Practice English di SMK Negeri 1 Maja

Bermula dari kesadaran akan pentingnya menguasai bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional, beberapa guru di SMKN 1 Maja mencoba mengembangkan kegiatan ekstrakuliler bagi siswa-siswi pelajarnya berupa English Club. Wadah kegiatan itu resmi diselenggarakan sekitar bulan Juli lalu dengan nama "Let's Practise English (LPE)". Menurut salah satu pembimbingnya Lani Ruslani, kegiatan practising English tersebut sebenarnya sudah berjalan sejak dua tahun yang lalu, hanya saja peresmian nama dan kegiatannya baru dilaksanakan pada awal tahun pelajaran sekarang bertepatan dengan bulan Juli.
"Kegiatannya sudah berjalan sekitar tahun 2010 lalu, tetapi peresmiannya baru dilaksanakan pada bulan Juli kemarin," ujar Lani ketika Berita5 wawancarai, Kamis (15/03).
Dalam hal pelaksanaannya, LPE SMKN 1 Maja ini memiliki beberapa kegiatan rutin yang harus diikuti oleh para anggotanya. Untuk aktivitas hariannya, mereka menggelar Daily Speaking, kegiatan ini mengharuskan setiap anggota LPE bersosialisasi dengan bahasa Inggris di lingkungan sekolahnya.
"Identitas anggota LPE ini ditandai dengan pin yang mereka pakai di bagian depan seragam sekolahnya, jadi ketika mereka berpapasan dan melihat ID nya tersebut maka secara spontan mereka akan berkomunikasi dengan bahasa Inggris," tutur Lani sambil tersenyum lebar.
Selain Daily Speaking, ada juga Weekly Meeting setiap hari Kamis. Disini anggota LPE akan dibekali dengan materi-materi dan practisingnya oleh para pembimbing. "Untuk kegiatan ini biasanya mereka kami ajak belajar di alam terbuka ataupu langsung di language laboratory nya," ungkap Lani juga.
Untuk mengasah kemampuan dan mental anak didiknya tersebut, para pembimbing LPE juga rutin memberikan kesempatan berpidato bahasa Inggris kepada mereka pada saat upacara bendera setiap hari Senin pagi. Dikatakan Lani, biasanya kegiatan ini menyesuaikan dengan kesiapan dari siswanya sendiri.
"Jika diantara mereka ada yang siap untuk berpidato, kami adakan agenda itu pada saat upacara bendera hari Senin," ujar Lani.
Beberapa kegiatan rutin tersebut akan ditindaklanjuti dengan evaluasi setiap akhir semesterannya melalui "English Speech Contest". Agenda ini diselenggarakan pada saat siswa-siswi selesai melaksanakan ujian akhir semester, di waktu luang mereka menunggu hasil raport dari para wali kelasnya. Dalam evaluasi ini digelar lomba-lomba kompetensi bahasa Inggris, seperti Speech, Story Telling, Singing, dan lain-lainnya.
Diakui Yani, salah satu anggota LPE yang sudah tiga kali berturut-turut menyumbangkan prestasi bagi SMKN 1 Maja, bahwa keberadaan LPE di sekolahnya itu sangat membantunya mengembangkan skill dan wawasannya dalam bidang bahasa Inggris.
"Let's Practise English ini sangat bermanfaat bagi saya dan semua siswa di SMKN1 Maja, karena disini saya selalu mendapatkan dukungan dan motivasi dari para pembimbingnya. Selain itu juga saya bisa berkembang dan lebih tahu lagi tentang bahasa Inggris," tutur Yani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar